RENUNGAN: MENGAPA KITA GAGAL MENEMUKAN MANISNYA ILMU?
Ada orang yang bertanya mengapa dirinya tidak termasuk orang-orang yang belum merasakan manisnya ilmu; masih saja mengeluh dan merasa tak puas dengan takdir sementara setiap saat dia masih rajin membaca ayat-ayat Allah, sabda Rasulullah dan dawuh para guru. Lalu muncullah dalam benaknya pertanyaan apa yang salah dengan ilmunya?
Ada banyak kitab yang menjelaskan banyak faktor yang
menyebabkan ilmu pengetahuan kita itu tak membuat lebih tenang malah tetap
menjadi gelisah. Kali ini saya ingin share satu sebab saja yang membuat saya
merenung lama bahkan sebelum menuliskannya saat ini, yaitu tentang hubungan
kita dengan guru kita.
Adalah Imam Ibnu Hajar dalam kitab "Al-Fatawa
al-Haditsiyah" halaman 55 yang menyatakan dengan tegas:
ومنْ فتح باب الاعتراض على المشايخ
والنظر في أحوالهم وأفعالهم والبحث عنها فإن ذلك علامة حرمانه وسوء عاقبته، وأنه
لا ينتج قط.
ومن ثمَّ قالوا من قال لشيخه لم؟ لمْ
يفلح أبداً
"Barangsiapa membuka pintu pertentangan atau perlawanan
dengan para guru, memandang sinis atas keadaan dan perbuatannya serta
memperbincangkannya, maka hal itu merupakan pertanda keterhalangannya dari
anugerah Allah dan akhir tak baik dari kehidupannya. Dia tidak akan sukses
menghasilkan apapun. Karena itulah maka orang-orang shalih berkata bahwa
siapaun berkata kepada gurunya 'mengapa' (dengan nada protes), maka dia tidak
akan beruntung bahagia selamanya."
Begitulah adab murid kepada guru yang diajarkan para ulama
terdahulu. Lalu saya berpikir, jangan-jangan adab seperti ini yang belum saya
perhatikan selama ini. Semoga Allah ampuni saya dan kita semua yang telah
pernah menyakiti hati guru-guru. Maafkan kami wahai para guru dan masyayikh,
jasamu begitu besar, terus bimbing kami menuju ridla Allah.
Penulis: Prof. Dr. KH. Ahmad Imam Mawardi, MA.
Tags : Kalam Abah Kiai
MA Alif Laam Miim
“Terwujudnya Generasi Rabbani yang Berjiwa Dai, Berwawasan Global, dan Peduli Lingkungan”
- MA Alif Laam Miim
- Kebonsari Baru Selatan No. 1 Surabaya
- maaliflaammiim@gmail.com
- 0813-8645-3684